Selasa, 17 April 2012

bikin lampu belakang LED

0

Bikin Lampu Belakang LED


;) Bila bro & sist masih bingung bagaimana bikin sendiri rangkaiannya, bisa langsung ke link ini, http://led.linear1.org/led.wiz. Di situ ada 4 kotak yang harus dan wajib diisi, yaitu sorce voltage, diode forward voltage, diode forward current, serta number of LEDs in your array.
Source voltage atau tegangan sumber harus DC atau searah. Tegangan searah berasal dari baterai atau aki, maupun penyearahan dari arus AC, sedangkan arus AC umumnya bersumber dari generator atau dinamo. Bila menggunakan sumber tegangan dari aki 12 volt di motor, maka kotak ini diisi 13.4, dilebihkan sebagai batas atas tegangan sekitar 10%.
Diode forward voltage atau tegangan tiap LED umumnya sebesar 3 volt, jadi kotak ini bisa diisi angka 3. Spesifikasi LED bisa ditanyakan kepada penjualnya atau klik saja tanda “?” di sebelahnya.
Diode forward current atau arus tiap LED dengan satuan miliampere, 1 ampere = 1000 miliampere. Umumnya untuk LED berdiameter 3 mm dan 5 mm membutuhkan arus 20 mA, jadi kotak ini bisa diisi angka 20.
Number of LED’s in your array, diisi terserah mau berapa LED yang akan digunakan. Rangkaian 5 LED atau bahkan 20 LED bisa dibuat, sesuai selera pokoknya :mrgreen:
View output as, dipilih ASCII untuk format teks yg bisa dicopy paste, atau schematic untuk gambar skema, atau pilih wiring diagram untuk diagram rangkaian. Saran saya, pilih wiring diagram untuk mempermudah perangkaian kabel. Di bawahnya ada pilihan penandaan “help with resistor color codes”, bantuan untuk mengetahui warna gelang-gelang resistor sebagai ukuran hambatan. Opsi ini bisa diabaikan karena bisa langsung minta pada toko penjual komponen elektronika ;)
Berikut gambar screen shot link untuk lebih jelasnya…
Input Rangkaian LED
Setelah keempat dialog box diisi, klik “design my array”, akan muncul hasil rangkaian, bila ada beberapa hasil, pilih salah satu saja yang sekiranya tidak ribet. Saya contohkan, bila ingin menyusun lampu rem yang terdiri dari 6 LED, dengan kelistrikan motor 12 volt, maka kotak isian tadi diisi sesuai parameter di atas, lalu kotak terakhir diisikan angka 6, hasilnya seperti ini :
Rangkaian 6 LED untuk 12V dengan Resistor 220ohm
Rangkaian 6 LED untuk 12V dengan Resistor 220ohm
Mau jumlah LED lebih banyak, bisa utak-atik pengisian kotak itu, untuk tegangan sumber 6 volt, bisa juga. Sepenuhnya kreasi sendiri ;) Untuk rangkaian ini disarankan hanya sebagai pengganti lampu rem untuk motor dengan lampu malam dari spul atau generator, bila motor dengan kelistrikan dari aki bisa diaplikasikan untuk lampu malam juga. Memang di pasaran sudah banyak tersedia variasi lampu LED yang bisa digunakan sebagai lampu rem atau lampu disko… kalau boleh dibilang begitu :mrgreen: namun sepertinya bila bikin sendiri rasa-rasanya lebih bangga :D

Tengkyu berat buat bro Aceng atas linknya :)
Semoga berguna :D

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by ThemeShift | Bloggerized by Lasantha - Free Blogger Templates | Best Web Hosting